Puasa Dzul Hijjah

Tadi pagi-pagi aku ga’ sengaja denger pembicaraan temen kosku, kalo ga’ salah gini nih obrolannya “De’ lagi puasa ga’?”. Dari dalam kamar aku kaget, cos sekarang hari rabu,kok nanya gitu. Dan temenku yang ditanya itu juga ga’ biasa puasa senin kamis. Emang puasa apa??? aku bertanya-tanya!Na pas aku keluar kamar kebetulan temenku yang nanya itu ada, Na ku tanyain ke dia. Aku bilang gini “Tadi kok nanya puasa ga’ ke ade’ kos?Emang sekarang hari apa?” Katanya dia sekarang kan tanggal 1 dzulhijjah jadi ya puasa. Katanya dia diajarkan puasa mulai tanggal 1 sampai tanggal 9. Dan aku bilang bukannya hanya tanggal 8,9 aja!yang tanggal 8,9 itu namanya puasa tarwiyah ma arofah. Kalo yang mulai tanggal 1 aku tidak pernah mengetahuinya. Na.. temenku itu menuatkan pendapatnya katanya dia pernah discuss ma temennya soal ini. Katanya emang ada puasa tanggal 1-9 itu.

Habis itu aku buka2 bulughul marom ma riyadhus sholihin. Aku ga’ begitu ngerti sih.. gmn isinya, apalagi kandungan ayatnya. Yang jelas aku mencari apa bener puasa dibulan Dzulhijjah itu mulai tanggal 1-9. Dan Alhasil aku ga’ menemukan. Aku hanya menemukan hadits-hadits yang menerangkan puasa tarwiyah dan puasa arofah dan fadhilahnya.

Berdasarkan survey dihadits tadi dan aku tidak menemukan jawabnya maka aku simpulkan mungkin sebenernya yang dimaksud puasa tadi adalah puasa di bulan Asharul Hurum. Karena yang ku tahu di bulan asharul hurum kita dianjurkan untuk memperbanyak puasa, dan mungkin salah satu dari asharul hurum tersebut adalah dzulhijjah.

Leave a Reply

