Mitologi Yunani.

karena banyak sekali orang-orang yang mencari dengan keyword “Mitologi Yunani” dan banyak yang berkunjung ke web ku untuk mencari masalah ini, maka ada ide untuk menambahkan coretan sedikit tentang mitologi yunani. Pada posting sebelumnya hanya kumasukkan catatan harianku mengenai hasil membacaku dari buku mitologi yunani. Dan ternyata banyak orang yang masuk ke blogku gargara ini. Maka akhirnya kutuliskan sedikit tentang mitologi Yunani. Sebagai langkah awal seperti biasnya sumber yang kuperoleh dari wikipedia, dengan teks asli berbahasa inggris. karena nganggur sambil nunggu downloadan ya ku translate aja.

Mitologi yunani adalah sejarah mendasar/legenda mengenai Yunani kuno yang menyangkut masalah dewa-dewi dan pahlawan, keaslian dunia dan asal mula serta arti praktek budaya dan upacara keagamaan mereka. Sejarah tersebut disampaikan secara lisan secara turun temurun. Sarjana modern mengganti mitos dan studi mereka

terhadap mitos tesebut sebagai upaya untuk mengetahui lebih jauh mengenai agama dan institusi politik Yunani kuno dan Peradaban yunani kuno, dan untuk mendapatkan pemahaman dasar myth-making itu sendiri. Mitologi yunani diwujudkan secara eksplisit dalam kumpulan narasi dan secara implisit dalam representati seni, seperti vase-paintings dan pemberian nazar. Mitos Yunani menjelaskan asal mula dunia dan seluk beluk kehidupan dan petualangan bemacam-macam dewa-dewa, dewi-dewi, pahlawan-pahlawan, dan makhluk-makhluk lain yang berhubungan dengan mitologi. Cerita ini pada awalnya disebarkan melalui tradisi oral-poetic (tidak menggunakan sumber yang tertulis tetapi melalui cerita yang disampaikan secara turun temurun); Mitos Yunani sekarang dikenal terutama dari “kesustraan yunani”. Sumber Sastra tertua yang terkenal adalah epic poems Iliad dan Odyssey, yang memusatkan pada kejadian sekitar Perang Trojan .

Mitologi yunani sangat berpengaruh terhadap budaya, seni dan sastra pada peradaban barat dan menjadi bagian warisan dan bahasa barat. Mitologi yunani menjadi bagian struktur pendidikan dari masa kanak-kanank, sedangkan puisi dan seni dari zaman kuno sampai sekarang telah diturunkan dari mitologi yunani dan telah menemukan kemoderenan arti dan hubungan pokok mitologi klasik.

17 thoughts on “Mitologi Yunani.

  1. Aku penasaran banget tentang mitologi ini.
    Kalo boleh tau, kamu dapet referensi dari mana sih?
    Kalo misal buku, judulnya apa + di gramedia ada g ??
    Thx bwanged yach…

  2. kalo bukunya sih dapet dari masku, yang ngasih comment ini. Dapetnya pas nyari dilowakan atau bazar buku, ga’ dari gramedia. tapi kalo ada di Gramedia aku juga ga tahu. Kalo yang tulisan itu sih dapet dari wikipedia. Ya kalo pingin tahu lbh bnyk lagi awali dari wikipedia, ntar kan ketemu link-linknya

  3. Bleh taw gg bku pa c yang ngupas abis ttg mitologi yunani ni ?
    Aku ttarik bgt m mitologi ni .
    Klo bsa, ksih info yg lengkap ya .

    thanks before it .

  4. mitologi yunani, …..
    (cailah..)

    gw punya bukunya dulu, warnanya ijo, tp ilang.
    truz berhubung bokap gw dosen sastra, qta akhirnya punya potocopyannya, biz tu ilang lagi.

    walopun gw dah baca ribuan kali, tetep aja gw nangis kehilangan.

    sumpe gw jg tergila2 ma mitos2 yunani. mpe gw jadiin pilm ‘troy’ jd pilm box office gw,.

    wah, jd curhat gila2an.

    yg penting, bg pecinta mitologi yunani, truz ja berkarya..!

  5. seru bgt ya mempelajari masalah mitologi,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!g akan pernah ada abisnya,,,,!!!tapi aq masih bingung,,,,,,!!!!!!!!!!sebenarnya mitologi tuh dulu emang pernah ada or cuma mitos doang,,,,….!!!!pusing euyyyyyyy,,,,,,,,buat yang bikin blognya top abis deh

  6. sebenarnya dewa_dewa yang kayak gitu teh ada g,,,,,klo ada skarang para dewa itu ada di mana?,,,,trus ktanya ada beberapa dewa yang diangkat kelangit dan menjadi rasi bintang,,,,,!!!tapi kan rasi bintang itu bisa berubah,,,,,jarak bintang yang satu dengan yang lain akan berubah setiap berapa taunen,,,,,,,,,!!!!berarti cerita mitologi itu cuma mitos!!!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s