The Female Brain

Setelah sekian lama ngilang baru sempat posting and ngurus blog ini. Sory ya my Blog kamu ga’ sempat ku sentuh!!!!

The Female Brain adalah sebuah buku yang membahas tentang otak perempuan. Buku ini karangan seorang ahli neuropsikiatri atau bahasa kita dikenal dengan Ahli Saraf Jiwa – walopun ga tahu apakah ada ahli saraf jiwa dinegara kita ini – Dr. Brizendine.

Dalam buku ini dibahas perilaku-perilaku cewek mulai dari lahir sampai usia senja. Dimulai dengan ketika seorang cewek masih anak-anak, dijelaskan bahwa tingkah laku anak-anak yang biasanya sering main boneka bukannya main bola ataupun perang-perangan itu merupakan sesuatu yang alamiah. Dan sudah terprogram dalam otaknya. Kemudian ketika dia berusia 2 tahun sampai 10 tahunan dia akan lebih suka bermain yang mengutamakan fellowship, kebersamaan, kenyamanan or apalah yang dapat mebuat cewek itu bisa survive dilingkungannya. Kemudian ketika dia menganjak remaja dia bakalan centil yang mungkin bagi beberapa orang terasa menyebalkan tapi memang hal tersebut sudah terprogram diotaknya.

Ketika dia menginjak dewasa dia akan mencari pasangan hidup kemudian menentukan siapa yang berhak menjadi pendamping hidupnya untuk meneruskan keturunan. Siklus-siklus tersebut yang biasa kita alami sebagai cewek mulai dari lahir sampaiusia senja dalambuku ini dikatakan dipengaruhi oleh kerja otak yang bekerjasama dengan hormon-hormon seperti progesteron, esterogen, testosteron dan beberapa hormon yang tidak terdeteksi oleh dunia medis yaitu hormon aksitosin dan what everlah aku ga’ begitu ngeti.

Hormon-hormon ini akan mempengaruhi kinerja otak dalam menghadapi suatu situasi. Menimbulkan emosi, kegelisahan, dan ketenangan yang tentunya dapat kita lihat sehari-hari.

And yang jelas buku ini menekankan banget bahwa kehidupan cewek / otaknya itu benar-benar murni dipengaruhi oleh kinerja hormon. Hormon tersebut akan memicu tingkah kewanitaan seorang cewek yang cenderung ingin dilindungi tanpa memperhatikan unsur lain diluar hormon.

Dan dibuku ini selalu dianalogikan dengan hewan dalam menyamakan tingkah laku manusia. Walaupun mungkin struktur manusia dan hewan ada kesamaan tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa manusia berbeda dengan hewan. Sehingga memungkinkan sekali terjadi perdebatan disini.

Sebnarnya buku ini hanyalah membahas perilaku perempuan dari lahir sampai usia senja yang mengedepankan cewek punya insting untuk dilindungi, manja, endel, banyak omong yang mungkin kalo kiita lihat hal itu sangatlah sederhana sekali. Akan tetapi dalam buku ini ditinjau lebih dari sisi Hormon. Bahwa semua kejadian-kejadian itu merupakan hasil kinerja hormon.

Wal hasil mungkin karena orang tersebut nulisnya dinegara barat nan jauh disana yang mungkin sudah pudar sisi feminitas wanita jadi buku ini wajar menjadi sebuah buku non fiksi best seller. Cos kalo disini di negara kita indonesia tercinta ini semua yang dibuku tersebut wajar-wajar saja.

7 thoughts on “The Female Brain

  1. Buat nin
    Kaya laki-laki? Gatau malu? Enak banget lu nulisnya ya…
    Lu pernah tinggal di negara barat? Punya saudara orang kulit putih? Punya sepupu cewek orang kulit putih?
    Kliatan banget lu asal nulis gapake dasar yang kuat. Gw keturunan orang kulit putih, tapi gw lahir dan gede di Indonesia dan gw bisa mengatakan lu yang gatau malu seenaknya nulis gitu. Cewek bule tu lebih apa adanya, malah dalam banyak hal rata2 orang barat tu lebih menjalankan nilai2 yang kalo kita bilang berbau Islami dibandingkan orang Indonesia sendiri. Orang Barat tu suka antri, suka kebersihan, pecinta lingkungan, suka disiplin, lebih jujur. Mangkanya jarang sekali terjadi tanah longsor, banjir, macet, dll

  2. Wah..wah.. kok jadi tempat umpat2an nih blog. Ya mungkin yang di Indo cuman mengira-ngira aja dari lihat di TV dan menyimpulkan demikian, karena terbatasnya sumber referensi. Dan alangkah baiknya jika Boy001 kasih tahu ke kita, kita share lah.. gimana se sebenernya dalam kehidupan nyata. Lebih-lebih jika dihubungkan dengan buku female brain ini. Pari bakalan bagus sekali.:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s