BINGUNG AKU….

Seringkali diskusi-diskusi membahas masalah kesetaraan gender, gender budgetting walaupun aku ga’ begitu aktif mengikutinya, namun pernahlah sekali duakali ngikut. Dalam diskusi tersebut sering digembar-gemborkan bahwa laki-laki dan perempuan mempunyai kedudukan yang sama, namun sering kulihat mereka-mereka para perempuan itu masih menjadi konsumsi kaum laki-laki. Tidak dipungkiri juga mungkin aku termasuk. Dan tidak dipungkiri juga seringkali mereka-mereka kaum perempuan itu masih mempunyai ketergantungan terhadap laki-laki.
Sebenarnya aku bingung apa sih yang dinamakan kesetaran gender??? sejauh pemahamanku dan ini murni dari pendapatku sendiri yang dinamakan setara itu adalah OK2 aja kita punya posisi sama kaya’ laki-laki, punya peran yang sama kaya’ laki-laki tapi tentunya ga’ melupakan kodrat kita sebagai wanita. Dan tentunya setara kalo dalam kekuatan fisik tentunya ga’ lah, cos emang kekuatan kita kan beda, tapi kalo kemampuan harus setara lah, dan memang perempuan harus mampu. Gt!klo ga’ salah seh…
Nah kebingunganku lagi mereka yang menggembar-gemborkan kesetaraan gender, ga’ mau jadi budak publik yang biasanya menjurus ke arah konsumtif karena publik menghendaki itu…. E… kalo dilihat juga sama aja… menurutku sih… masih banyak juga aktivis (ngakunya aktivis maksude) memaksakan diri mengikuti kehendak publik…. G’ mudeng aku!Tapi kalo menurutku seh.. suka-suka aku mo jadi budak publik atau g’ yang penting aku suka dan emang harus ku perjuangkan kalo emang aku suka.

Keinginan dan unek2ku dari hati yang paling dalam tuh mbok yao diskusi itu ya emang bagus, tapi alangkah lebih bagusnya kalo diimplementasikan jadi ga’ ngomong tok. Atau mungkin diskusinya pindah ke kaum-kaum yang emang tertindas/termarginalkan, ga’ ada kesetaraan gender didalamnya… begitu!!!
Atau mungkin sudah ada bagiannya sendiri-sendiri ya …. yang mungkin aku ga’ tahu!
Mungkin ada yang kebagian diskusi2 tok, mungkin ada yang kebagian pendampingan, mungkin ada yang kebagian penyuluhan gt kali ya!
What everlah… kalo ada yang baca ini and ada rekomendasi organisasi atau LSM apa yang bisa uikuti untuk dapat mengkampanyekan kesetaran gender kasih tahu yah!May be bisa bantu mewujudkan program MDG’s yang dikampanyekan Metro TV itu apalagi organisasi Internasional pasti aku sueneg banget. Thanks. Tapi beneran ga’ ya yang ku tulis ini!sekedar unek2 aja kok!

2 thoughts on “BINGUNG AKU….

  1. kalo menurutku kesetaraan gender itu.. apa ya…?
    eh.. bagaimana kalo: adanya perubahan paradigma antara laki-laki dan perempuan dalam hal ini laki-laki menempatkan permpuan sejajar sesuai dengan kodratnya. meski perempuan sejajar tapi juga tidak bisa dilepaskan dari budaya
    lha inilah yang jadi pertanyaan besar kita, mampukah masyarakat kita keluar dari budaya yang seperti ini.

    Salam,

  2. Ya mnrt pendapatku ya emang sejajar sesuai dengan kodratnya. Tapi kalo mo lepas dan keluar dari budaya yang ada… Ntar pasti memunculkan pertanyaan lagi… Dimana budaya kita yang dulu yang menggambarkan Ini lho budaya Kita.
    Alah… opo ki aku ga’ mudeng juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s