Puasa

Semalem ga sengaja dengerin ceramah di Masjid Sumbersari, lagi bahas masalah puasa. Cuman sebentar se dengerinnya pas nunggu temen cari makan. Di bahas tentang puasa-puasa sunah dalam setahun. Sebenernya mo puasa apa aja boleh asalkan bukan dalam waktu yang dilarang yaitu pas tanggal 1 syawal yaitu pas lebaran idul fitri, tanggal 10 dzulhijjah yaitu pas lebaran qurban tris 3 hari setelah tanggal 10, yaitu tanggal 11,12,13 dzul hijjah atau yang dikenal dengan hari tasyrik.

Katanya pak ustadz yang ngaji kalo bisa se dalam setahun itu ngejalanin puasa sunnah, minimal 3 hari dalam sebulan yaitu apa ya namany aku lupa, tapi yang jelas di lakukan pada pertengahan bulan dengan rasionalisasi kita bakalan dianggap berpuasa sebulan penuh. Karena berdasarkan penjelasan beliau bahwa amal baik yang kita lakukan minimal bakalan di lipatkan 10 kali jadi kalo 3 hari bakalan dilipatkan minimal menjadi 30 hari. Gt!

Trus mengenai hari-hari yang ga boleh puasa atau sebaiknya ga’ puasa itu hari2 sebelum puasa romadhon atau dengan kata lain mendahului puasa romadhon, misalnya tanggal 1 romadhon itu hari selasa trus kita puasa pada hari minggu dan senin. Na itu tidak dianjurkan kecuali emang sebelumnya biasanya puasa, misalnya puasa senin kamis, jadi pas hari senin kita puasa itu gapapa, kalo emang udah biasanya puasa senin kamis, tapi kalo ga biasa maka itu dianjurkan untuk tidak puasa.

Sebenernya masih banyak penjelasan yang aku ga’ ikuti, tapi tak apalah kalo gini ilmunya masih tercata walo cuman sedikit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s