Nge-Blog So What gitu Loh

Akhirnya selesai juga deh baca buku ini dalam waktu 1 mingguan. Lama juga ya ?? Yah mari kita mulai ngebahas dikit-dikit tentang nih buku :

Judul : Ngeblog!?So What Gitu Loh..

Penulis : Kukuh Parkoso

Penerbit : CV Andi Offset

Tebal buku : 228 Halaman

Harga ; berapa ya?aku lupa yang jelas ganyampe’ 30 ribu

Ngeblog merupakan istilah baru yang mungkin jarang kita temui sebelumnya. Aku aja baru tahu yang namanya ngeblog pas kuliah. Atau emang mungkin aku yang gaptek kali. Tapi what ever lah yang penting sekarang dah banyak yang tahu apa itu blog. Walopun untuk beberapa kalangan ngeblog masih dianggap asing dan sesuatu yang dianggap wah. Blog bisa dijadikan sarana untuk menyampaikan ide-ide kita ataupun sekedar coretan-coretan diari yang tak berarti. Namun sering kali apa yang kita baca di blog-blog itu sesuatu yang sederhana namun tak pernah terfikirkan sebelumnya. (Pengalaman dari surfing blog temen-temen, Seringkali berpikir kok bisa ya mereka nulis kaya’gini, aku kok ga pernah kepikiran ya???) Yang jelas kebanyakan orang punya keunikan tersendiri dalam menulis blog.

Buku ini terdiri dari 14 bab, dari bab-bab tersebut dibahas mulai yang paling mendasar sampai tingkatan yang wah tentang blogg. Diawali dari definisi tentang Blog, komunitas-komunitas blog seperti wordpress, Blogspot dan masih banyak lainnya. Dalam beberapa babnya juga menuliskan dan menjelaskan tentang cara-cara bagaimana mendaftar ke blog, bagaimana menggunakan tool-toolnya, bagaimana melakukan posting, yang semuanya lengkap dibahas pada bab 3.

Dibagian bab 4 dibahas mengenai bagaimana mempercantik Blog kalo boleh dibilang se seperti itu. Karena dalam bahasan ini menekankan bagaimana menambahkan aksesoris-aksesoris yang bisa membuat blog kita jadi menarik dan tentunya diharapkan bisa menarik pengunjung. Bahasan bab ini antara lain tentang template yaitu bagaimana memodifikasi template. Di bab ini juga sebutkan beberapa fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk mempercantik blog kita seperti shoutbox. O iya ada yang kelewatan soal blog apa yang dijadikan sebagai studi kasu di buku ini, yaitu blogspot. So bagi yang telah menggunakan blogspot bisa juga menggunakan buku ini untuk memperdalam pengetahuan dan memanfaatkan apa yang ada dalam blogspot.

Ada juga dibahas tentang sitefeed, bagaimana mengatur image biar bisa ada di blog kita, bagaimana mempromosikan blog kita. Secara siap se yang ga’ pingin terkenal! So pasti ini bakalan menarik bagi kita-kita yang pingin terkenal dan diakui keberadaannya didalam dunia maya. Ada disebutkan juga teknik ngeblog antara lain Tulislah yang berkualitas, so bukan hanya ngegombal so pasti ini bakalan menarik pengunjung, dan ada beberapa trik lain yang dibahas lengkap di buku ini.

Sampe’-sampe buku ini juga ngebahas gimana biar ngblog ga dipecat dari perusahaan cos katanya nih buku perusahaan IT sekelas microsoft telah menetapkan kebijakan barangsiapa karyawannya yang ngeblog bakalan dipecat. Gt!makanya nih buku ngebahas itu sapa tahu perusahaan u juga ngelakuin yang sama tentang kebijakan ini. Dan juga yang bikin aku kaget pas baca bab yang mengatakan kalo ngeblog bakalan bisa mempermulus sebuah kencan. Emang bisa ya!

Trus diakhir-akhir buku ini dibahas bagaimana menyembunyikan jati diri dan bagaimana etika dalam dunia Per-Ngeblog-an. Gimana ya..??? Baca aja bukunya sendiri!Pinjem ke aku juga gapapa J

Yah mungkin itu yang bisa disampaikan moga bisa jadi salah satu buku rujukan untuk ngeblog. Buku ini berisi tutorial dan bahasanya enak dimengerti. Disamping itu juga bisa memotivasi kita buat menulis walopun profesi kita bukan seorang penulis, bukan seorang wartawan, tapi di buku ini sering disebutkan kalo blog merupakan media jurnalisme yang independen.

Leave a comment