pemimpin perempuan

Beberapa hari yang lalu anak-anak ngadain diskusi dengan tema pemimpin permpuan. Dalam diskusi tersebut kita bahas panjang lebar mengenai kapabilitas kepemimpinan perempuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Emang hal ini baru bagiku cos sebelumnya aku ga suka banget dengan diskusi-diskusi yang berbau politik, tapi karena tuntutan mo diskusi jadi ya cari literatur ngalor ngidul biar ga kelihatan OON pas diskusi.

Nah setelah baca beberapa literatur baru tahu deh ternyata di Indonesia ada jatah 30% yang bisa diduduki oleh perempuan dalam parlemen. Dan di banyak negara lain juga berlaku peraturan yang mirip yaitu ada jatah kursi buat perempuan. Namun kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa kuota tersebut hampir tidak [ernah dipenuhi di negara-negara yang ada di dunia. Mungkin hal inilah yang dapat kita lihat bahwa kenyataanya kepemimpinan perempuan masih di ragukan.

Tapi disisi lain juga ada faktor yang kuat sekali yang membentuk mindset bahwa perempuan itu tidak perlu terjun di wilayah Publik. Yah… itulah budaya patriarki… yang tiap hari kita temui.. misalnya ngapain lho cewek aja kok sekolah tinggi-tinggi, trus cewek kok pulang malem-malem emang cewek apaan…

Itulah kenyataan yang ada sekarang. Jadi para perempuan tetap semangat buat berjuang baik di wilayah politik, ekonomi, sosial dan wilayah-wilayah lainnya. Biar kita tidak tertindas selamany. Ayo semangat! Bagi yang suka politik ya monggo bagi yang ga suka ya Monggo…

5 thoughts on “pemimpin perempuan

  1. menurut ernin gmn dengan bu khofifah indar parawansah yg nyalon gubernur..???apakah DIA mampu bersaing dengan yang lain..??
    SAAT ini perempuan untuk memimpin, karena perempuan lebih amanah daripada laki-laki

  2. Kalo ngomong masalah kemampuan sebenarnya perempuan itu mampu, hanya saja selama ini masih menjadi wacana saja. Dan baru-baru sekarang ini mulai ada beberap perempuan yang menampilkan diri dan sala satunya khofifah, yah sebagai usaha tidak hanya mewacanakan tapi menunjukkan bahwa ini lho perempuan, bisa bersaing juga!Jadi kalo emang kita menilai jujur2an… dan menurut xball perempuan lebih amanah apa salahnya di dukung.

    Kalo urusan mampu bersaing dengan calon yang lain untuk urusan suara, itukan bagiannya tim sukses… he…3x

  3. yang bilang perempuan tidak mampu terjun di wilayah publik, khususnya di ranah politik suruh berenang aja di laut selama 100 tahun:mrgreen: saya mendukung 1000% perempuan melawan budaya patriarki, karena perempuan dan laki-laki sama-sama manusia yang mempunyai fitrah hak dan kewajiban yang sama, cuma permasalahannya sekarang perlu penyadaran terhadap perempuan, karena langgengnya budaya patriarki juga di sebabkan perempuan masih “pingsan”. salam kenal kak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s