Calculated (calculation based on other columns) – MOSS 2007

Calculated (calculation based on other columns): Columns that display information that is based on the result of a formula. The formula can use information from other lists and columns, dates, or numbers. You can use standard mathematical operators. – MOSS help.
Saya akan mencoba menuliskan sedikit pengalaman dalam memanfaatkan calculated column. Awal ceritanya mo menampilkan doclib yang digroup berdasarkan tahun dari tanggal yang kita masukkan. Jadi terfikirkan kalo hal ini harusnya bisa diselesaikan dengan mengambil tahunnya saja dari tanggal yang kita masukkan tersebut. Jadi tidak perlu memasukkan ulang tahunnya saja. Na hal ini bisa diselesaikan menggunakan calculated column.


Caranya yaitu dengan membuat satu kolom tambahan misalnya kita kasih nama year kemudian tipe kolomnya kita buat calculated na… ntar bakalan muncul pilihan calculated berdasarkan kolom apa? Na… disitu kita bisa memasukkan berdasarkan kolom tanggal. Jadi deh… tahun yang kita inginkan keluar…. Eits.. tunggu jangan bergembira dulu cos ada yang kelupaan gunakan fungsi year untuk mengambil tahun, misalnya : =YEAR([establishment date]) so jadi deh tahun yang kita inginkan… untuk mencoba-coba ini kita juga dapat mencobanya di excel terlebih dahulu baru kita copy ke sharepoint. Fungsi year tersebut setelah kita klik OK maka dapat kita cek di doclib kita tahun yang muncul berapa? Pasti kita akan terkejut karena fungsi ini tidak memberikan nilai tahun yang kita inginkan so biar tahun yang kita inginkan muncul maka kita harus menggunakan fungsinya lengkap seperti : =TEXT(YEAR([establishment date]),”000″).
Contoh-contoh yang lain yang pernah saya coba baru ada empat yaitu :

  1. untuk mengambil tahun : =TEXT(YEAR([establishment date]),”000″)
  2. untuk mengambil bulan : =CHOOSE(MONTH([establishment date]),”Jan”,”Feb”,”Mar”,”Apr”,”May”,”Jun”,”Jul”,”Aug”,”Sep”,”Oct”,”Nov”,”Dec”)  akan menampilkan Jan, Feb, dst. Sedangkan kalo kita hanya menggunakan fungsi = MONTH([establishment date])  maka yang ditampilkan adalah bulan dalam bentuk angka 1-12.
  3. untuk mengambil tanggal : kita dapat menggunakan fungsi DAY
  4. untuk mengambil hari : =TEXT([establishment date],”dddd”), fungsi ini akan menampilkan hari berdasarkan tanggal tertentu.
  5. untuk mengambil jam : yang ini di akali sesuai dengan kebutuhan yang ingin ditampilkan dan saya  mencobanya dengan fungsi ini : =IF(HOUR([Establishment date])<10,”0″&HOUR([Establishment date]),HOUR([Establishment date])&””)&” : “&IF(MINUTE([Establishment date])<10,”0″&MINUTE([Establishment date]),MINUTE([Establishment date])&””), coba-coba dulu aja di excel biar lebih mudah buat menghasilkan tampilan yang kita inginkan. Ini mungkin berasa aga’ aneh tapi memang menyesuaikan dengan tampilan jam yang kita butuhkan suapaya keluarnya : HH : MM begitu…. Jadi panjang deh… fungsi yang digunakan… pake’ if if an gitu deh….

O iya ada yang kelewatan lagi, establishment date adalah nama kolom tanggal yang kita gunakan untuk menyimpan tanggal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s